Senin, Juni 22, 2009

Communication Day

COMMUNICATON DAY !!
Hadirilah Workshop “Penulisan Kreatif” bersama Ketua FLP Bekasi
Sabtu, 20 Juni 2009 pukul 08.00 s.d. Selesai
Gedung C. 102 Unisma Bekasi
Free!!!


Tulisan itu gw baca di selembaran kertas yang tadi jatoh dari diktat Kewarganegaraan gw yang mau gw taro di rak buku. Tadi diktat gw ini dipinjem sama temen gw yang jurusan komunikasi. Gw emang lagi tertarik sama dunia tulis menulis, walaupun baru bisa jadi penikimatnya aja, tapi gw punya keinginan untuk jadi seorang penulis. Aha..!! ini dia yang gw tunggu-tunggu. Ikut seminar tentang kepenulisan, yang jadi pembicaranya ketua FLP lagi…, dan yang ga’ kalah penting, gratis chuy..! waah, gw ikut ah… gw ga’ mau menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Sebenernya sih besok gw mau pergi ke rumah sodara gw yang di Cikarang. Tapi itu mah gampang, besok lusa juga bisa.

Buat ngeyakinin, gw sms temen gw itu, dia bales sms gw, katanya bener besok mau ada seminar. Tapi dia bilang dia ga’ sengaja naro pamplet itu. dia juga nanyain gw mau ikut apa ngga’. Gw jawab aja gw ga’ bakal ikutan coz gw mau pergi ke cikarang.


Gw baru bangun tidur pas gw liat jam di hape gw nunjukin jam tujuh lewat empat puluh menit. waduh..!! gawat, gw kan mau ikutan seminar, mana mulainya jam delapan lagi…!, Cuma ada waktu 20 menit lagi, gw belom mandi, belom nyeterika baju. Gw buru-buru ambil anduk, pergi ke kamar mandi, 5 menit selesai mandi. Nyeterika baju, ganti baju, en brangkat deh. Gw brangkat bareng temen gw yang mau maen futsal di kampus. Dari kosan gw ke kampus kira-kira ngabisin waktu 10 menitan.

Sampai di kampus gw liat dari jauh, kaya’nya di ruang C102, masih sepi, belom banyak orang. Ah gw nonton futsal aja deh. Gw ngeliat ada si Jay di depan C102. apa dia mau ikut seminar ya? Gw samperin dia, ternyata dia juga mau ikut seminar. Akhirnya gw ada temennya juga deh. Eh, ketemu sama si Iya, (itu lho yang kemaren minjem diktat gw, trus yang sering di gosipin sama gw). Dia jadi panitia juga. kayanya jadi dokumentasinya, soalnya dia bawa kamera gitu. Dia kaget banget ngeliat gw, soalnya semalem gw bilang ga’ bakal dateng.
“ lho, dii, katanya ga mau dateng, katanya lu mau pergi..!?” kata Iya
“ah, tar aja perginya,lu jadi photographer ya?” kata gw.
“ng..,nggak, ini cuma suruh megangin doang. Ya udah masuk aja gih”
“Ehemm, cie..!!” kata temen-temennya serentak. Tuh kan, dicengin, tapi aah bodo amat lah. Kemudian kita ngisi absensi sebelum masuk ruangan. Si Ines sama Mila yang jadi penerima tamu. Gw Tanya sama dia, “mbak Wiwiek nya udah dateng nes?”
“Hah? Mbak wiwiek mana?” kata Ines.
“lah, itu lho ketua FLP Bekasi..”
“Mbak Elvira kali” kata Ines sama Mila serentak. (duuh, salah lagi !, tengsin bgt gw)

“oh, bukannya mbak wiwiek sulistyowati?, apa udah ganti?” gw membela diri.Perasaan gw pernah liat blognya FLP, ketuanya Wiwiek sulistyowati.
“ngga’ tau tuh” kata Ines
“ya udah gw masuk dulu ya..”
Gw pun masuk diikutin si Jay sama Mang Eli, senior di kosan gw, juga akh Ishak, temen gw dari FAI. Ternyata masih belum dimulai, karena masih nunggu narasumbernya yang belum datang. Yang hadir disitu kebanyakan anak SMA, soalnya mereka mewakili sekolahnya yang ikut lomba karya tulis ilmiah. Disana juga udah ada senior-senior dari fakultas gw. Ada Mbak dahlia, bang Candra, sama bang Lukman. “eeh, ada Adi.” Sapa mbak Dahlia
“Eeh, ada mbak Dahlia” gw balas nyapa.

Acara pun dimulai setelah setengah jam gw nunggu, Lintang yang jadi MCnya. Pembacaan rangkaian acara, . Pembukaan, dan sambutan-sambutan berlangsung dengan lancar. Akhirnya datang juga acara yang gw tunggu-tunggu. Materinya bertema “Menjadikan Ide Menjadi Tulisan” yang disampaikan oleh ketua FLP Bekasi, Elvira Suryani, S.IP. wah, kata-katanya jelas, lugas dan mudah dipahami. Gw perhatiin dengan seksama (cie…, serius amat ) materi-materinya sangat berguna buat gw. Peserta juga diminta aktif berpartisipasi, salah satunya dia ngasih kuis yang suruh tulis sepuluh kata apa aja yang berkaitan dengan keadaan kota Bekasi. Setiap pesetra mengumpulkan hasilnya kedepan. Gw terakhir ngumpulinnya coz gw salah nulis trus gw salin lagi. Dan setelah diseleksi dibacakanlah yang menurutnya bagus. Dia sebutkan nama gw!. Gw disuruh maju, dan disuruh menjadikan kata-kata tersebut menjadi sebuah paragraph. Aduuuh, jadi grogi nih gw, tapi jadi juga. Tulisan gw tadi dibacain sama mbak Ervira. Tepuk tangan hadirin bergema setelah selesai dibacakan. (gitu aja bangga.., hehe..).
“Adi, kalo punya bakat jangan didiemin aja, ntar lu nulis yah di madding!?” Kata Mbak Dahlia, senior gw yang juga ketua Senat fakultas gw.
“hehe..,ah ga’ bakat-bakat amat sih mbak,” kata gw.
“poko’nya lu harus nulis di madding.”
“Iya deh inysa Allah”.

Materi demi maeri disampaikan oleh mbak Elvira. Menarik, menantang, seru, dan banyak gw dapetin pelajaran yang sangat berharga. Sesekali jepretan kamera berkilatan di ruangan yang sering dipakai fakultas ekonomi ini, padahal ruangan ini milik fakultas pertanian. Dan, ‘ehemm, si Iya adalah salah satu photograpernya. Ah kaya’nya gw mulu tuh yang di jepret sama dia,(idiih, pede banget..!). Jam dua belas, acara diskors dulu buat solat dzuhur, dan makan siang. Eh istirahat ya..? ya udah gw mau solat dzuhur dulu, trus makan siang, tar gw lanjutin lagi. Okey??

(dah kenyang, makannya sama ayam, eh pake ayam maksud gw..)
Eh, gw lanjutin lagi ceritanya nih…
Acara dilanjut dengan pembicara mbak Nadiah, S.S., M.Si. Mbak Nadiah ini orangnya asik, masih muda tapi titelnya udah MSi. Wah, keren banget. Dia nyampaikan materi dengan penuh semangat, menarik, ceria, dan banyak humornya. Hmm, jadi seorang penulis memang menyenangkan ya kaya’nya. Mbak Nadiah juga mengajak partisipasi dari para peserta untuk ikut latihan-latihan atau kuis, udah gitu dikasih hadiah lagi.

Ceritanya disingkat ya, selanjutnya di isi dengan acara pengumuman pemenang dan pembagian hadiah untuk lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA yang diadakan oleh Himakasi (Himpunan Mahasiswa Komunikasi). Iya ngesms gw: “dii, klo mw plang, plang aja, tar kecape’an lu sqith lg.., hee..”
Gw jawab: “ntar gw mw nungguin sertifikat dl..”
Iya lagi: “sterah sih, tp lu ga’ dpet sertifikat tw, hehe..”
Setelah pembagian hadiah ada pembagian sertifikat. Satu demi satu nama disebutkan. Sampai selesai. Lho,nama gw ko ga’ada? Bener juga kata si Iya. Wah, ini namanya diskriminasi. (alaah, paan, lagi tuh.). ntar gw tanyain deh sama panitia. Acara ditutup dengan foto bareng, tapi temen gw udah ngajakin balik, ya udah deh, pas gw mau keluar, anak ilkom pada nyegah gw. “Adi, mau kemana?” kata Ines.
“Gw balik duluan ya..” kata gw
“Eh, ntar dulu, foto bareng dulu..!”
“Temen gw udah ngajakin balik tuh..”
“ngga’ boleh, lu ngga’ boleh balik dii sebelum foto-foto..!” kata Mila dengan ancamannya sambil nge-halang-halangin gw.
Biasa lah, klo fans ketemu idolanya, suka pada minta foto bareng..! hehehe..(bener ga’..?. gw ga’ bilang kalo gw sang idola, lho..!)Akhirnya gw balik ke kosan. Di jalan gw baru inget mau nanyain sertifikat ke panitia. Waduuh, lupa banget sih gw. Ah, w telpon Iya, gw tanyain, dia bilang ada kesalahan teknis. Mungkin kelewat bagiinnya, atau pas lagi bikinnya. Dia bilang ntar dicari dulu, klo ga’ ada baru ntar dibikinin.

Hal yang bisa gw ambil, eh gw ambil apa gw petik ya..? gw petik deh, dari pengalaman ini yaitu gw bisa lebih tahu tentang dunia menulis, menjadi lebih termotivasi untuk menulis, menulis, dan menu…??, Pinter…!!. Kedua, mungkin gw punya bakat juga ya, dibidang tulis menulis? Tapi gw harus yakin gw bisa. Gw harus kembangin itu. Ketiganya gw ngerasa iri. Iri sama anak ilkom yang begitu kompak, berani capek, berani kerja keras,(kaya’ iklan multivitamin aj…) biaya yang dikeluarin juga ngga’ sedikit, acara yang begitu bagus, menurut gw semua kerja keras mereka terbayar dengan kepuasan para peserta dan suksesnya acara mereka. Salut, dua jempol, eh empat deh buat “HIMAKASI” !. (gw iri juga sama temen gw, masa dia dapet sertifikat, gw nggak…! Hiks, hiks,..). O,iya, gw ucapin makasih buat Iya yang udah minjem diktat gw walopun dicorat-coret..!, kalo dia ga’ minjem, ato pampletnya ketinggalan di diktat gw, gw ngga’ tau ada workshop en mungkin gw ga’ bisa ikut acara itu.


Udahan, ceritanya dah kelar..!


Iih…, dibilangin…,,


Gw bilang udah, ya udah…

Yee, ngeyel banget sih…

Ya udah, gw cabut ah..
Daaagh…..!!

1 komentar:

  1. sori.., sertifikat w ternyata udah diambil sama mba' dahlia...,
    hehehe...,

    BalasHapus